Menu

Translate

Gaya Hidup Sehat

Tips Kesehatan

Pola Hidup Sehat

Didalam Pencegahan penyakit berikut, terdapat berbagai tips kesehatan dan pola hidup sehat yang meliputi berbagai aspek yaitu
  1. Kita adalah apa yang kita makan dan pikirkan. Jika makanan yang kita makan adalah baik sesuai dengan panduan, maka kita akan menemukan bahwa tubuh kita sehat dan bugar, namun jika kita memakan semua yang kita makan dengan serampangan, maka akan kita temukan tubuh kita lemah, capek dan tidak bertenaga serta kemungkinan besar terserang sakit penyakit.
  2. Excercise
    Tubuh memerlukan olahraga sama seperti mesin membutuhkan minyak pelumas. Kapankah terakhir kalinya kita berolahraga? Banyak orang yang terkena penyakit penyakit berat malah sembuh setelah berolahraga; rahasia ini terletak pada pengertian bahwa olahraga bagi tubuh adalah seperti minyak pelumas bagi mesin. Saat kita berolahraga, sebenarnya tubuh kita sedang diperbaiki. Semakin sering kita berolahraga, semakin sehat badan kita.
  3. Water
    Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, kekurangan air akan meneyebabkan kita kehilangan konsentrasi kita karena tubuh dan otak bekerja keras tanpa adanya air yang cukup. Manfaat air putih pada tubuh kita adalah seperti pada tanaman. Jika kekurangan air putih berlangsung lama maka akan menyebabkan rusaknya organ tubuh dan komplikasi berbagai penyakit berat
  4. Sunshine
    Sama seperti tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk proses fotosintesis, ternyata tubuh kita juga membutuhkan sinar matahari untuk hidup. Sinar matahari mengubah vitamin D pasif menjadi vitamin D aktif. Tanpa terkena sinar matahari maka vitamin D akan pasif dan tersimpan didalam tubuh berupa kolesterol. Sorotan sinar matahari paling baik adalah pada pagi hari. Pertanyaannya adalah, kapankah terakhir kali kita berjemur dibawah sinar mentari pagi?
  5. Temperance
    Bukan rahasia bahwa kesehatan kita dipengaruhi oleh temperamen atau sikap kita. Beberapa penulis terkenal menyatakan bahwa hati yang gembir adalah obat bagi tubuh sedangkan semangat yang patah mengeringkan tulang. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa kersehatan manusia dipengaruhi oleh pikiran kita. 
  6. Air
    Disini air yang dimaksud adalah udara. Baik atau buruknya kualitas udara yang kita hirup menentukan kesehatan kita. Di jaman modern sekarang ini sudahkah kita berjaga jaga dengan  udara yang kita hirup? 
  7. Rest
    Penelitian membuktikan tidur dalam waktu 7 sampai 8 jam sehari adalah waktu yang optiml untuk memulihkan kondisi badan. Tidur siang 30 menit juga membuat tubuh kita lebih prima dalam menghadapi tekanan dalam pekerjaan.
  8. Trust in God
    Terdapat berbagai macam harta di dalam dunia ini, salah satunya harta kesehatan dan harta rohani. Penelitian membuktikan terdapat hubungan yang erat antara harta rohani dan harta kesehatan. Seseorang dengan harta kesehatan baik biasanya memiliki harta rohani yang baik , demikian juga sebaliknya. Kedua jenis harta ini tidak dapat dipisahkan dan saling mendukung satu sama lain. Kepercayaan kepada Tuhan menenangkan syaraf kita sehingga menghindarkan diri kita dari berbagai penyakit sedangkan kesehatan yang baik membuat ucapan syukur kita kepada Tuhan semakin penuh.

    Semoga bermanfaat

Gaya Hidup Sehat
Gaya Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja