Menu

Translate

Manfaat Air Putih

TIPS KESEHATAN

Manfaat Air Putih

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan  beberapa bagian dari tubuh kita memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila kita seorang perokok. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. 

Yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari adalah tubuh akan menyeimbangkan dirinya. Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Bukan dari otak melainkan dari sumber terdekat yaitu darah manusia.

Manfaat Air Putih 

Manfaat Air Putih
Manfaat Air Putih
Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari
darah), Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, mungkin suatu harus menghabiskan dua gram emas seminggu untuk cuci darah

Sedangkan saat darah kental mengalir melewati otak, perjalanannya agak terhambat.  Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila ini ditambah dengan penyakit jantung kerena kerja jantung bertambah berat bila darah mengental, maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

Sekarang kita dapat memilih; melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke.

Manfaat Air Putih


Jadwal yang disarankan untuk meminum dua liter air setiap Hari :

30 menit sebelum makan pagi : 1 gelas
2,5 jam setelah makan pagi : 1 gelas
30 menit sebelum makan siang : 1 gelas
2,5 jam setelah makan siang : 1 gelas
30 menit sebelum makan malam : 2 gelas
2,5 jam setelah makan malam : 1 gelas
30 menit sebelum tidur : 1 gelas

Manfaat Minum Air Putih sebelum makan memiliki dua kepentingan :
1. Akan mengurangi nafsu makan karena perut terasa penuh.
2. Memberikan manfaat positif bagi pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja