Menu

Translate

TELUR

HIDUP SEHAT

TELUR


TELUR
TELUR
* Telur kurang bahaya bagi sistin vaskuler manusia dari pada yang dipercaya oleh banyak ilmuwan medis sebelumnya.


* American Cancer Society menyatakan telur memproteksi jantung dan stroke.
Dalam beberapa penelitian ditemukan 2-3 telur kampung sehari tidak menyebabkan kenaikan kolestrol dan trigliserid yang significan/bermakna, tetapi justru meningkatkan HDL/"kolestrol baik" sehingga dapat mencegah serangan jantung.



*Pada kenyataannya justru kuning telur mengandung lecithin, cholline, vitamin, mineral dan anti oksidan.

* Telur yang paling menyehatkan adalah dari telur dari ayam yang bergerak dengan bebasnya. ( free-range ) /ayam kampung, bukan dari ayam yang dipelihara/diternak secara komersial.

Sedikit peringatan mengenai telur.

1. Telur cenderung menjadi penyebab umum alergi makanan. Ibu yang sedang menyusui yang memakan telur dapat memicu gejala-gejala alergi pada bayi-bayi yang rentan sakit yang sedang meminum ASI. Sebagai contoh, telur dan babi dalam makanan seorang ibu, menyebab kan gejala alergi seperti muntah, diare, susah makan, rasa tidak enak pada anak lali-laki yang berumur 1 bulan yang meminum ASI.

2. Untuk menghindari bakteri photogenik ( bakteri penyebab penyakit ) yang cenderung berhubungan dengan telur-telur adalah dengan :

a. Memakan telur yang dimasak dengan matang. Dianjurkan untuk tidak pernah menambahkan telur mentah kedalam minuman kesehatan atau shake.Juga dianjurkan agar kita mengindari Caecar Salad dressing yang dibuat dengn telur mentah.

b. Memastikan bahwa kita memasak telur sampai kuningnya sudah menjadi keras. Mereka yang memakan telur mereka dalam bentuk telur mata sapi/ceplok/dengan kuning telur yang berair ada dalam resiko terkena salmonella yang lebih tinggi.

c. Telur-telur harus disimpan didalam bagian lemari es yang paling dingin dan disimpan dalam tempat asli mereka. Jangan simpan telur lebih dari 3 minggu.

3.Jika setitik darah ditemukan di dalam telur yang sudah dibuahi itu mungkin adalah suatu tanda bahwa embrio ayam sudah mulai terbentuk. Telur-telur yang memiliki titik darah didalam hukum makanan-makanan halal.

4. Mengingat telur ayam ada hubungannya dengan makanan ayam tersebut, maka dianjurkan aga rkita membeli telur yang didapat dari ayam kampung. Ayam kampung, seperti yang telah dicatat sebelumnya, tidak diberi hormon, antibiotik atau pestisida dan mereka biasanya diberi makan rumput atau padi-padian-semua faktor-faktor ini melengkapi nilai-nilai nutrisi didalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja