Menu

Translate

Penyakit Kanker

HIDUP SEHAT

Penyakit Kanker.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan kanker

Walaupun pada kenyataan nya kita hidup setelah atau pasca revolusi industri dengan banyak nya produksi zat-zat kimia dan polusi, racun2 yang potensial ini tampaknya memainkan peranan yang tidak berarti dalam pertumbuhan kanker. Demikian juga, walaupun perhatian seringkali ditujukan kepada sejarah keluarga seperti menempatkan seseorang mengidap penyakit yang beresiko seperti kanker, hal itu juga memainkan peran yang relatif tidak berarti. Faktor yang paling penting yang dihubungkan dengan kanker adalah, makanan, juga merokok yang melampaui batas. dengan demikian jika seseorang memakan makanan sehat dan tidak merokok kemungkinan akan perkembangan kanker akan turun dengan drastis.


Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan kanker, sesuai urutan :
Penyakit Kanker
Penyakit Kanker
  1. makanan
  2. merokok
  3. infeksi
  4. sinar matahari
  5. alkohol
  6. pekerjaan
  7. sejarah keluarga
  8. polusi
  9. kecanduan makanan
  10. produk  produk  industri
10 Zat tambahan makanan yang paling ber resiko ( terutama adalah penyebab kanker )
  1. Pewarna makanan buatan.
    Digunakan untuk menimbulkan kesan bahwa makanan tersebut mengandung buah dan zat-zat alami lainnya.
    Red no 3, Yellow no 5 dan pewarna sintetik lainnya dapat menyebabkan kanker, reaksi alergi, atau perubahan perilaku. Banyak perusahaan menggunakan pewarna didalam sereal, permen, es krim, soft drink, jelly, dan lain-lain.

  2. Aspartam.
    Pengganti gula yang paling banyak digunakan ( Equal dan Nutrasweet ) 
    Diduga menyebabkan kanker otak. Aspartam secara luas digunakan dalam diit soft drink dan makanan diet lainnya 

  3. BHA dan BHT.
    2 Antioksidan yang saling berhubungan yang mencegah minyak berubah menjadi tengik diduga kedua zat kimia ini adalah karsinogen ( penyebab kanker ). Sering ditambahkan pada makanan olahan, meliputi minyak sayur , pelembut makanan, potato chips, sereal dsb.

  4. Kafein: Zat perangsang yang menimbulkan ketagihan.
    Adalah satu-satunya obat yang ditambahkan depada makanan anak-anak harus menghindarinya sedapat mungkin ! Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kelelahan, kegelisahan, dan gangguan tidur ( lihat Bab VI ). Secara natural kafein terdapat dalam teh dan kopi, dan ditambahkan pada coca cola, pepsi dan banyak soft drink lainnya ( perusahaan menyatakan bahwa mereka menambahkan caffein untuk memberikan pengaruh pada rasa ) membiarkan anak-anak meminum minuman berkafein pada malam hari dapat membuat mereka terbangun tengah malam. Terutama jika mereka tidak mengkonsumsinya secara teratur

  5. MSG ( Monosodium Glutamat ), vetsin, penambah rasa.
    Jika di goreng atau di Deep-fried dalam minyak suhu sangat tinggi, MSG/vetsin pecah menjadi 2 zat kimia baru yang bersifat mutagenik ( menyebabkan kelainan genetik ) dan karsinogenik ( menyebabkan kanker )
    Satu gram garam sudah bisa membuat satu mangkok sup atau mie menjadi asin. Tetapi satu sendok teh MSG / Vetsin tidak membuat makanan terasa asin tetapi menjadi gurih dan lebih lezat sehingga mudah menimbulkan monosodium karena terlalu banyak menambahkan vetsin/MSG. Dengan demikian, banyak konsumen yang menderita hipertensi. Meskipun secara rutin sudah minum obat. Penyakit tak kunjung sembuh karena setiap hari terus menerus mengkonsumsi makanan yang dibumbui vetsin atau MSG.
    Di Amereika Serikat sejak th 1970an semua pruduk makanan olahan untuk bayi dan balita dilarang dibubui MSG/vetsin dan pada label botol makanan harus dicantumkan kalimat "No MSG added" ( tidak dibubuhi MSG ) Namun diam-diam restoran Chinese masih menggunakan dalam jumlah besar pada makanan lainnya. Pada beberapa orang MSG menyebabkan chinese restoran syndrome,yang ditandai dengan sakit kepala, rasa sesak, rasa terbakar dan gejala-gejala lain. 
    Hydrolisit Vegetable Protein ( HVP ) adalah suatu zat tambahan yang mengandung MSG

  6. Propyl Gallate, antioksidan lain seperti BHA dan BHT.
    Sering ditambahkan pada minyak sayur produk-produk daging potato steak, chicken soup base, permen karet dll. Juga diduga bisa menyebabkan kanker.

  7. Saccarin, juga merupakan pengganti gula.
    Dalam suatu percobaan pada hewan, pernah ditemukan menyebabkan kanker

  8. Sulfite termasuk golongan pengawet.
    Sering digunakan untuk membuat buah dan sayur tetap segar, kentang tetap putih, buah-buahn yang dikeringkan dan anggur fresh shrimp

  9. Sodium Nitrit, pengawet daging.
    Ditemukan dalam daging yang diawetkan : hotdog, sosis, ham, bacon, membentuk nitrosamin ( karsinogen yang sangat potent )

    Sodium Nitrit plus senyawa-senyawa Amina dalam tubuh = Nitrosamin

  10. Des ( Diethyl Stilbestrol )
    • Hormon sintetik yang digunakan dalam makanan sapi dan ayam.
    • Dihubungkan dengan Ca Cervix ( kanker mulut rahim )

Faktor-faktor utama mengenai makanan yang berhubungan dengan kanker termasuk :
  • Pemasukan kalori/lemak yang tinggi 
Hanya dengan memakan kalori yang terlalu banyak telah menempatkan seseorang dalam resiko kanker sebagai tambahan, lemak jenuh hewani yang tinggi ditemukan berhubungan terutama dengan kanker usus besarkanker payudarakanker prostat, dan kanker  ovarium atau kanker serviks.


  • Memasak dengan suhu tinggi.

  • Makanan-makanan yang sudah diproses.


  • Nitrit.

  • Nitrit ( garam dari asam nitrous, NO2 ) ditambahkan pada daging-daging yang sudah diproses untuk menjaga agar dagingnya tetap berwarna merah muda dan menarik. Nitrit terbuat dari Nitrat ( i.e garam dari asam nitral , NO3 )


  • Nitrat
    Nitrat ditemukan ditanah sebagai hasil vertilisasi komersial ( biasanya sebuah bentuk ammonia disemprotkan ). Nitrat masuk kedalam air kita dan rantai makanan. Ketika memakan atau air yang mengadung Nitrat dicerna, bakteri-bakteri tertentu pada usus ( terutama spesies bacterioies, yang cenderung lebih banyak terdapat dibagian usus pada orang-orang yang memiliki pemasukan daging merah yang banyak ) Mengubah Nitrat menjadi Nitrit. Nitrit, ketika bergabung dengan asam amino dari protein dapat membentuk Nitrosamin, yang merupakan zat penyebab kanker yang potensia.
  • Jamur ( aflatoxin ) 

  • Aflatoksin ditemukan dalam beberapa produk kacang tanah yang terkontaminasi mereka merusak sel-sel DNA, yang menghasilkan anak sel-anak sel dengan DNA yang rusak. Dengan demikian potensial membawa kepada kanker.


  • Makanan yang diasapi-charboilled.

  • Menyiapkan makanan dengan cara ini menciptakan komponen-komponen toksin heterocylic amines, yang juga dapat merusak sel-sel DNA.


  • Red dye no.2
    • Pewarna makanan.
    • Karsinogen
  • Des.

    • Hormon sintetik yang digunakan dalam makanan sapi dan ayam.
    • dihubungkan dengan Cancer Cervic ( kanker mulut rahim )




  • Stromtium No 90 dan Iodine No. 131.

  • Radioaktif ini ditemukan dalam rantai makanan kita terutama dalam susu sapi.


  • Obat-obatan dan zat-zat kimia yang ada dilingkungan/ sekeliling kita.
    • Kurang lebih 7600 zat-zat kimia mencemari makanan kita. Banyak diantaranya telah diuji dan dianggap sebagai karsinogen.
    • Banyak juga yang belum diuji tetapi telah mencemari kita dalam makanan, kosmetik, insektisida, dan pembasmi hama.


  • Siklamat dan Sakarin.
  • Kadmium

    • Berasal dari gas-gas kendaraan bermotor, pupuk, dan limbah-limbah industri.
    • Mencemarkan tanah dan air.
    • Ditemukan pada shellfish/kerang-kerangan dalam konsentrasi yang tinggi 

    Bahan-bahan Protektif ditemukan terutama pada sayuran dan buah-buahan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

    © Raja Madu Madu Raja