Menu

Translate

Bahan Protektif Sayuran Buah Buah an.

HIDUP SEHAT


Bahan-bahan Protektif ditemukan terutama pada sayuran dan buah-buahan.



Bagaimana tumbuh-tumbuhan melindungi kita dari kanker ?



Zat-zat fitokimia dan antioksidan dalam buah dan sayur punya pengaruh pada kanker dengan



A. Mendetoksifikasi zat-zat karsibogen ( zat-zat menimbulkan kanker ).
Contoh :
~ Sulforaphane menghalangi pertumbuhan pada tahap awal kanker. Paling banyak ditemukan dalam sayur-sayuran seperti brokoli, sayur hijau ( kandkung, bayam ), dan bawang bombay.



~ Indole-3-Carbinol. Zat fitokimia ini yang ditemukan didalam padi-padian memecah hormon-hormon yang merangsang pertumbuhan kanker payudara.



~ S-allyl-cysteine. Ada pada sayur-sayuran allium ( bawang putih, bawang merah dan bawang prei )




B. Menetralisasi zat-zat toksin yang disebut radikal bebas.



Contoh :
~ Vitamin A melindungi tubuh terhadap kanker ephythelial, seperti mulut, larynx ( tenggorokan ), paru-paru, kantung kemih, cervix ( mulut rahim ). Cara yang terbaik untuk mendapatkan vitamin A adalah dalam bentuk provitamin A, lebih dikenal sebagai betacarotene




Beta-carotene



~ Suatu antioksidan yang menghancurkan " radikal bebas " yang menyerang seluruh sel-sel yang mengakibatkan proses-proses pengerusakan.



~ Konsentrasi betacarotene yang tertinggi ditemukan dalam sayur-sayuran yangberwarna kuning dan hijau.



Bahan  Protektif  Sayuran Buah Buah an.
Bahan  Protektif  Sayuran Buah Buah an.
~ Antioksidan ini melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru



~ Betacarotene larut dalam air dan tidak beracun.



~ Diubah dalam bentuk vitamin A hanya ketika tubuh membutuhkannya.



~ Memberikannya warna orange pada wortel. Kenyataaannya, orang-orang yang meminum juice wortel dalam jumlah yang banyak akan menemukan bahwa kulit mereka akan sedikit berwarna orange seperti warna wortel. 



Bentuk-bentuk vitamin A lainnya adalah Alpha-carotene, lycopene terutama didalam tomat dan lutein.



~VItamin C adalah antioksidan yang utama, merupakan " pemangsa nitrit " dan mengalangi konversi nitrit menjadi nitrosamine yang mematikan. Inilah alasan utama mengapa banyak makan buah dan sayuran melindungi kita dari kanker. Sumber terbaik dari vitamin C adalah buah cytrus, strawberry, kiwi, kentang, cabai, dan paprika hijau.



~ Vitamin E. memakan radikan bebas, terutama dalam melindungi membran-membran sel. Ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada minyak biji-bijian dan kacang-kacangan. Sesekali vitamin E merangsang radikan bebas, ia dapat didaur ulang jika terdapat vitamin C yang memadai. Jika vitamin C kurang, antioksidan pada vitamin E juga menjadi lumpuh.



~ Selenium Diperlukan untuk aktifasi superoksida dismutase, enzym antioksidan yang sangat terlibat dalam memangsa radikal Hidrogen Peroxida. Oleh sebab itu kekurangan selenium mungkin harus diperhatikan oleh orang yang menderita alergia atau asma.



Selenium ditemukan didalam daging, seafood, sereal dan padi-padian. Tanah-tanah banyak yang mengandung Selenium sehingga merupakan supllement yang umum untuk memberi makan ternak. Para peternak telah berulang-ulang menyaksikan penurunan tingkat penyakit yang drastis ketika ternak mereka diberi makanan yang dicampur dengan Selenium.



Folate ( asam folate ) terlibat dengan beberapa reaksi kimia yang kritis terhadap keutuhan DNA. Ketika folat berkurang DNA tidak diperbaiki dengan baik, folat = " foliage " nama lain untuk makanan yang terbuat dari tanaman- yang merupakan sumber yang paling kaya akan vitamin B yang berharga ini ( sayuran yang berdaun hijau, buah cytrus dan polong-polongan yang dikeringkan ) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja