Menu

Translate

PADI PADIAN UTUH MANFAAT KESEHATAN MAKSIMAL

HIDUP SEHAT




PADI-PADI UTUH untuk MANFAAT KESEHATAN yang MAKSIMAL.



Ketika kita memperhatian nilai gizi padi-padian, kita sampai pada dua pilihan yang paling sederhana: whole ( utuh ) atau refined ( telah mengalami proses pembersihan, penggilingan, pemutihan ). Kebanyakan orang lebih cenderung memilih refined white bread ( roti putih ) daripada whole grain, juga kebanyakan orang lebih cenderung memilih memberi makan anak-anak mereka berkotak-kotak serealia yang biasanya telah dikomersilkan dengan menambah lebih dari 50 % gula dengan serat yang sudah tinggal sedikit bahkan tidak ada lagi, sehingga tidak lagi bisa disebut sebagai serealia karena barangkali telah menjadi sama dengan cookies atai candies.


PADI PADIAN UTUH MANFAAT KESEHATAN  MAKSIMAL
PADI PADIAN UTUH MANFAAT KESEHATAN  MAKSIMAL
Benar sekali seperti yang dikatakan oleh para ahli gizi: " Semakin putih roti, semakin cepat Anda mati". tetapi kebanyakan dari kita terbiasa memilih roti putih karena sejak kecil kita telah memakannya. Ini semua terjadi akibat kita tidak mempunyai gambaran yang jelas bagaimana gandum itu diproses sedemikian rupa sehingga menjadi roti putih.

20 Langkah Proses " PEMUTIHAN" Gandum menjadi Tepung Putih

( 20 langkah Menuju Kesehatan yang Memburuk )


Proses gandum utuh menjadi tepung putih memerlukan kira-kira 20 langkah. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang proses pemutihan ini, terlebih dulu dimengerti anatomi atau lapisan-lapisan pada gandum.



HULL = KULIT SEKAM

Ini adalah lapisan paling luar yang dibuang / dibakar oleh karena tidak ada nilai gizinya ( hanya berfungsi untuk menjaga bagian dalam Grain sehingga membuat awet nilai gizinya ) selain itu, menyebabkan gatal pada kulit

Dengan mengisarkan ( menggosok ) bulir-bulir gandum tersebut dengan tangan, mereka telah menghilangkan kulit sekam yang ada di lapisan paling luar, tetapi lapisan BRAN dan GERM-nya tetap menempel.

BRAN
Jumlahnya kurang lebih 15-37%; dari seluruh padi-padian, kanduingan seratnya yang tinggi adalah salah satu sumber serat tidak terlarut yang paling dikenal. Serat ini berperan sangat baik untuk mencegah dan menyembuhkan sembelit. Serat ini membantu mencegah Infeksi usus, hemoroit / wasirserta membantu mencetgah terjadinya Kanker Usus Besar, membantu menyembuh diabetes, menurunkan kolestrol, menurunkan resiko terjadinya serangan jantung (karena mengandung beta glucam, yakni suatu polimer glukosa, yang tidak dapat dicerna. Ia menyerap lemak dan asam empedu sehingga menurunkan pembentukan kolestrol dalam hati)

Lapisan luar yang berlilin (Epikarp) ini juga dapat berfungsi menjaga zat-zat gizi dan kelangsungan hidup kernel didalamnya. Lapisan yang lebih luar ini mempunyai kandungan seluliosa yang bukan zat gizi tetapi melindungi agar kernel mampu berproduksi, sekali lapisan luar ini ditembus zat-zat gizi akan mulai rusak. Semakin kita masuk lebih dalam ke kernel, lapisan selulosanya semakin sedikit, tetapi vitamin-vitamin dan mineral-mineral (kalsium) serat larut dan tidak larut, serta proteinya lebih tinggil.

EMBRIO/GERM/KERNEL

Jumlah kurang lebih 3% dari seluruh padi-padian. berbentuk seperti ginjal (kidney) atau sebutir kacang merah

Lapisan ini adalah lapisan yang paling kaya nutrien, tapi cepat busuk dalam keadaan biasa sehingga industri kue sering kali mengeluarkan lapisan ini agar roti/kuenya tidak cepat busuk sehingga roti/kue tersebut tidak menjadi sehat lagi


Yang dimaksud adalah lapisan embrio/germ yang kaya sekali dengan zat-zat gizi berupa 
1. vitamin b dan e, 
2. protein. 
3. lemak esensial. 
4. zat besi,magnesium, seng ,kromium, mangan, kalsium,fosfor,klorida,natrium,yodium

Endosperma

Jumlahnya kurang lebih 80-85% dari seluruh padi-padian. Hanya lapisan ini yang tertinggi dalam tepung putih yang telah mengalamai pemrosesan

Refined White Flour adalah murni endosperma atau zat tepung. Baik bran ataupun germnya sudah terbuang bersama 80% zat gizi gandum. Endosperma memiliki kandungan vitamin B dan mineral yang jauh lebih rendah daripada germ dan bran yang juga artinya memiliki kandungan serat lebih rendah

Bukan saja 80% gizinya sudah terbuang, proses penggilingannya juga menggunakan temperatur yang tinggi sehingga padi-padian yang ada menjadi rusak karena teroksidasi. Tepung yang telah diproses sebenernya berwarna keabu-abuan oleh karena oksidasi.Warna seperti itu, tentunya, akan membuat jijik kebanyakan pembeli. Jadi bahan-bahan kimia seperti klorin,dioksida,asetopn,peroksida atau bensoil peroksida digunakan untuk memutihkan tepung tersebut. Prioses pemutihan ini merusak banyak vitamin yang sedikit yang masih tersisa. Sebagai tambahan zat-zat pewarna tersebut dapat beraeaksi dengan asam lemak dan menghasilkan peroksida yang beracun dan dapat menimjbulkan reaksi radikal bebas. Klorin dioksida, dengan asam urat, juga membntuk "alloxan" yang digunakan dalam percobaan binatang untuk menghasilkan diabetes. Secara keseluruhan, proses penggilingan dan pemutihan yang digunakan sekarang menghilangkan sebanyak 22 zat gizi yang penting roti kita, temrausk serat, vitamin, dan mineral
PADI PADIAN UTUH MANFAAT KESEHATAN  MAKSIMAL
PADI PADIAN UTUH MANFAAT KESEHATAN  MAKSIMAL

Bagaimanapun juga, tepung putih terlihat lebih bersih dan lebih murni daripada tepung gandum utuh yang kotor dan berwarna coklat. Sebagai konsekuensinya, tepung putih lebih diminati oleh masyarakat. Ditambah lagi, konsumen tampaknya berpendapat bahwa tepung putih lebih murni, dengan demikian, lebih diminati.

Bagaimana dengan roti yang diperkaya ( enriched ) ? Daftar vitamin yang ditambahkan kedalam nya memang kedengaran mengesankan, tetapi semua itu ditambahkan hanyalah untuk menggantikan beberapa vitamin yang telah hilang karena pemrosesan tersebut. Pada roti-roti ini toko-toko roti biasanya menambahkan 4 zat gisi pada tepung yang mereka gunakan, yaitu, Thiamin,Niacin, Reboflavin dan zat besi. bagaimanapun vitamin yang mereka pakai biasanya adalah vitamin2 yang coal-tar derived ( vitamin2 yang berasal dari cairan ter hasil olahan batu bara ) oelh karena itu hindari produk2 yang dibeli label enriched, karena mungkin memang sudah sedikit kandungan gisi orisinalnya. Sayangnya hasil akhirnya mengandung sangat sedikit tambahan vitamin yang sebenarnya.

Roti Low Fiber yang telah terikat dengan gula dalam jumlah yang besar dan lemah yang dihidrogenasi akan berubah menjadi seperti pasta didalam usus. Hal ini nantinya mengakibatkan sembelit yang dapat menimbulkan penyakit Gastrointestinal seperti irritate bowel syndrome, diverticulitis, dan wasir.

Tetapi mungkin anda berkata, "aya hanya makan beberapa lembar roti putih saja dalam 1 hari." benarkah ? Apakah anda sudah menghitung roti untuk hamburger dan Hot Dog anda ? Apakah anda sudah mengikut sertakan crackers, bagel, pretzel dan pruduk2 sereal dan pasta yang banyak, yang juga terbuat dari tepung putih ?

Selama perang dunia pertama kekurangan padi-padian di Denmark telah mengakibatkan timbulnya larangan terhadap pabrik2 roti besar untuk emnggiling padi-padian ( grain ). Masyarakat terpaksa harus menggiling tepung gandum utuh mereka sendiri. Selama masa-masa sulit ini, perubahan tersebut ternyata menurunkan angka kematian di denmark sebanyak 34 % per tahun selama larangan tersebut berlaku.

Pilihlah produk padi-padian utuh yang berupa :
~ Tepung beras merah
~ Tepung ketan utuh
~ Tepung gandum utuh ( whole wheat/grain fluor )
~ Pasta dari gandum utuh ( whole wheat/grain pasta )
~ Roti tawar dari tepung gandum utuh ( whole wheat/ grain bread )
~ Roti pitta dari tepung gandum utuh ( whoel wheat / grain pitta bread )
~ Whole Wheat Muffin
~ Whole Wheat/ grain bagel
~ Whole Wheat /granin pretzel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja