Menu

Translate

Di Sengat Lebah


Pengobatan Penyakit


Di Sengat Lebah


Tawon yang seringkali orang menyebutnya lebah , padahal mereka berbeda, merupakan salah satu anggota ordo Hymenoptera yang terdiri dari Lebah, Tawon dan semut. Serangga ini sesuai dengan arti nama yang disandangnya adalah hewan yang memiliki sayap (pteron) yang bermembran (hymen).
Sengat Lebah
Sengat Lebah Bergigi
Serangga terbang ini kalau diganggu atau terganggu sering menyengat dan akibat yang ditimbulkan bisa ringan tapi bisa juga berat, fatal , karena korban yang tersengat bisa meninggal (tergantung dari sensitivitas individu) yang disebabkan karena reaksi alergi terhadap racun tawon . Hanya tawon betina yang mempunya alat penyengat, alat penyengatnya terdapat di bagian perut (abdomen) yang fungsi sebenarnya adalah sebagai saluran penyalur telur (ovipositor).
Pada lebah Apis cerana dan Apis mellifica (lebah madu atau lebah kampung), saat lebah menyengat maka mereka akan mati  karena sengatnya bergerigi sehingga setelah disengatkan maka terjepit oleh kulit manusia, sedangkan pada Apis dorsata dan pada Vespa (wasp, tabuhan, tawon ndas ) berbentuk jarum saja dan tidak bergerigi, maka mereka tidak terjepit oleh kulit manusia dan dapat menyengat berkali kali.
Luka karena sengatan lebah biasanya menyebabkan reaksi lokal seperti kulit memerah atau bengkak. Namun bila korban alergi terhadap sengatan serangga tertentu, maka hal ini dapat mengancam jiwanya dan membutuhkan pertolongan segera.
Sengat Lebah
Sengat Lebah tak bergigi
Bagi Peternak Lebah, dianjurkan untuk melakukan diet satu sengatan tiap harinya, sampai batas badan terbiasa dengan sengatan lebah dan tidak bereaksi lagi. Batas berbahaya sengatan lebah adalah dua ratus sengatan perhari.

Namun, sebelum tersengat lebah sebaiknya lakukan pencegahan agar tubuh tidak menjadi sasaran sengat lebah, yaitu dengan cara:
  • Jangan mengusik sarang lebah, karena lebah akan menyerang bila sarangnya terusik atau merasa terancam.
  • Pilihlah pakaian berwarna muda dan hindari menggunakan pakaian berwarna cerah, karena hal itu akan menarik perhatian lebah.
  • Lebah tertarik dengan wangi bunga, maka hindari menggunakan deodoran, aftershave, cologne, parfum dengan wangi bunga ketika mengunjungi tempat-tempat rawan lebah, seperti taman bunga atau kebun.
  • Hindari meninggalkan makanan di luar rumah dan jangan lupa menutup tempat sampah, karena lebah sangat tertarik dengan makanan.
  • hindari meminum minuman beraroma dan berasa manis
  • jika lebah atau tawon mendekati anda, jangan panik atau melambai-lambaikan tangan untuk mengusirnya. Duduk atau berdirilah dengan tenang dan tidak membuat gerakan tiba-tiba yang membuat lebah merasa terancam
  • berhati-hatilah saat berkebun, karena di kebunlah habitan mereka


Sengat Lebah
Sengat Lebah dengan bisa
Secara klinis orang yang disengat tawon akan menunjukkan gejala-gejala yang sifatnya bisa lokal atau sistemik karena envenomation atau pun karena reaksi alergi
  • Envenomatio
    Sekali venom dikeluarkan dan tersalurkan pada tubuh korban maka akan segera timbul reaksi berupa nyeri yang hebat dan diikuti dengan peradangan setempat di lokasi sengatan bisa berupa bengkak kemerahan, gatal dan rasa seperti terbakar. Sengatan yang banyak, misalnya disengat oleh beberapa ekor tawon juga bisa menyebabkan gejala muntah, diare, pingsan, sesak nafas, gangguan perdarahan dan kematian
  • Reaksi Alergi
    Kematian juga bisa disebabkan karena reaksi alergi cepat (anafilaksis) yang menyebabkan syok. Reaksi ini terjadi paling sering pada 15 menit pertama setelah venom dikeluarkan dari kantungnya dan masuk ke tubuh korban. Walaupun jarang terjadi, reaksi alergi yang lambat (delayed-onset) bisa juga terjadi, yang bisa menyebabkan kelainan di sendi dimana korban akan merasakan nyeri di sendi dan demam, gangguan pada ginjal berupa proses peradangan (nefritis), dan sindroma Gullian Barre yang bisa menyebabkan kelumpuhan pada otot-otot pernafasan yang bisa saja berakhir dengan kematian


Beberapa tindakan yang dapat dilakukan segera, yaitu:


di sengat lebah
menyingkirkan sengat lebah
  1. Segera menyingkir dari lokasi sarang. Saat bisa terlepas, lebah mengeluarkan hormon penanda serangan. Untuk lebah jinak seperti Apis Mellifica dan Cerana tidak perlu berlari, sebisa mungkin usahakan tenang dan menjauhlah secara perlahan. Bagi peternak lebah, setelah bisa dicabut, dapat kembali beraktivitas seperti biasa.
  2. Lepaskan perhiasan seperti cincin (jika memakai),seandainya yang disengat lebah adalah di daerah tangan.
  3. Pada saat lebah menyengat, biasanya sengat lebah masih menancap. Cabut sengat secara hati-hati menggunakan pisau atau kuku. Jangan dipencet karena dapat menyebabkan racun bertambah masuk. Usahakan mengambil sengat lebah yang berbentuk jarum dan terletak sangat dekat dikulit. Jangan pernah mengambil atau menekan sengat lebah yang berbentuk kantong diatas jarum karena disitulah terletak bisanya. Sengat lebah yang tertinggal akan terus menerus memasukkan bisa ke dalam kulit.
  4. Cucilah daerah yang tersengat dengan sabun dan air. Jika didaerah sekitar tidak ada air dan sabun, gunakan tanah liat yang dicampur dengan ludah ditempelkan sebagai kompres untuk luka bekas sengatan tersebut.
  5. Oleskan bahan bahan alami di sekitar anda, dapat dipilih salah satu dari beberapa pilihan disini
    a. Lebah yang menyengat
    Jika lebah yang menyengat masih ada, segera tangkap dan gosokan ke luka bekas sengatan tersebut.
    b. Gula Jawa
    Oleskan campuran gula jawa dengan sedikit air ke luka bekas sengatan lebah
    c. Bawang putih
    Bawang putih diparut dicampur dengan madu murni dan sari jeruk nipis diaduk sampai rata dan dijadikan kompres pada daerah yang disengat lebah, lebih baik lagi jika ditambah rebusan biji jambe (pinang) untuk menghilangkan rasa sakit.
    d. Bawang merah
    tumbukan bawang merah dapat digunakan sebagai kompres sengatan lebah.
    e. Lidah Buaya
    Sayat dan usapkan daging lidah buaya ke daerah yang bengkak disengat lebah
    f. Baking soda
    Campur baking soda dan sedikit air untuk dibubuhkan ke luka bekas sengatan lebah
    g. Bunga melati, sidaguri atau bunga bunga rumput liar
    Tumbuk halus bunga melati atau bunga bunga rumput liar dan usapkan di daerah yang terkena sengatan lebah
    h. Klungsu asem
    Klungsu asem dibelah atau ditumbuk dan ditempelkan di luka bekas sengatan
    i. Daging mentah
    Tempelkan daging mentah di luka bekas sengatan lebah
    j. Hati pangkal batang pisang
    Hati pangkal batang pisang yang baru saja ditebang diambil buahnya. Hati batang pisang itu ditumbuk dan diperas airnya hingga satu gelas kemudian diminum dan ampasnya dibubuhkan ke bekas sengatan
    k. Pepaya
    Iris dan tempelkan buah pepaya ke daerah bekas luka.
    l. Lotion kalamin
    Oleskan lotion kalamin didaerah yang tersengat untuk meringankan efek sakit sengatan.
    m. Pasta gigi
    Oleskan pasta gigi untuk meringankan sakit sengatan.

  6. Kompres dengan air dingin atau es untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun
  7. Minum air kelapa
  8. Minum susu hewani
  9. Minum parasetamol secukupnya
  10. Minum Anti histamin secukupnya
  11. PropolisPropolis berfungsi menawarkan racun bekas sengatan lebah.
Sengatan lebah memperpanjang umur dan meningkatkan daya tahan tubuh, pengalaman dari pekerja di peternakan lebah kami, rata rata memiliki umur yang panjang dan tubuh yang bugar jauh dari penyakit.Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, stoke, rematik dan asam urat dilaporkan sembuh oleh terapi sengat lebah tersebut.

Semoga melegakan dan membantu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, Moderasi diaktifkan untuk menghindari spam, secepatnya pesan akan dibalas setelah terbaca. Terimakasih

© Raja Madu Madu Raja